UTP Studio

 

UTP Studio adalah sebuah Unit Teknis Program Studi Seni Teater yang melayani tiga hal, yakni:

1. Manajemen Produksi Teater

Gugus kerja manajemen produksi adalah pelayanan dalam mengatur, memediasi, menyelenggarakan event-event, pertunjukan-pertunjukan, serta kerjasama antar lembaga yang berkaitan dengan produksipertunjukan teater bagi Program Studi Seni Teater ISI Padangpanjang yang dalam hal ini diproduksi oleh dan dalam Laboratori Teater. Gugus ini berfungsi sebagai inisiator dan mediator atas kegiatan-kegiatan pertunjukan yang ada di program studi. Gugus ini dapat pula dijadikan ujung tombak dalam menjalin kerja sama dengan lembaga dan institusi lain dalam hal mengadakan event, acara, maupun pertunjukan teater.

2. Laboratori

Gugus Laboratori adalah ruang di mana semua kekuatan dan usaha artistik Program Studi Seni Teater ISI Padangpanjang digali, dipelajari, dan diproduksi. Hal ini meliputi eksperimen-eksperimen teater, usaha-usaha pencatatan atas eksperimen-eksperimen tersebut, dan elaborasi atas praktek dan teori teater secara umum, serta, -secara khusus-, praktek dan teori Penyutradaraan, Pemeranan, dan Dramaturgi. Gugus ini dapat dimaksimalisasi sebagai ruang-ruang eksperimen dan laboratori penciptaan teater. Tidak hanya sebagai sebuah ruang latihan bagi proses penciptaan pertunjukan teater, tapi lebih jauh juga sebagai ruang tempat menguji dan meneliti konsep-konsep pemeranan, penyutradaraan, dramaturgi, serta tata-panggung dan artisitik.

3. Pelengkapan dan Dokumentasi

Gugus perlengkapan dalam Unit Teknis Studio ini menangani kerja-kerja yang berhubungan dengan perlengkapan di Program Studi. Unit ini tidak hanya mengurusi perlengkapan dalam menunjang proses perkuliahan, namun juga perlengkapan dalam hal-hal pertunjukan, pementasan, event, seminar, yang diselenggarakan oleh Program Studi secara internal maupun eksternal berupa kerjasama antar lembaga. Hal ini menyangkut perlengkapan panggung (stage), lighting system, sound system, audio-visual, rekam dan editing, serta photography.

 

Kontak UTP Studio:

Wenhendri

Junaidi Yarlis